Resep Masakan Nusantara

14 Oleh Oleh Khas Lombok Paling Tahan Lama dan Murah

Oleh Oleh Khas Lombok – Siapa yang tidak mengenal Lombok ? Lombok merupakan salah satu kota di Indonesia yang terkenal akan keindahan pantainya. Ketika musim libur tiba, tidak sedikit wisatawan domestik atau luar negeri mulai berdatangan menikmati keindahan alam untuk melepas penat usai beraktivitas sepekan penuh.

Banyaknya tempat wisata pantai di Lombok membuat masyarakat setempat memanfaatkan peluang untuk menjajakan oleh-oleh khas Lombok untuk para wisatawan, baik berupa makanan atau barang. Terlebih lagi, oleh-oleh khas Lombok tersebut memang terbilang unik dan tidak akan dijumpai di wilayah lainnya.

Oleh Oleh Khas Lombok

  1. Kain Songket Sasak
Kain Songket Sasak

Kain Songket Sasak

Kain Songket Sasak merupakan salah satu pakaian adat dari suku Sasak yang ada di Lombok. Ciri khas yang diusung dari kain ini ialah kain berwarna hitam dengan balutan berbagai motif yang indah. Kain songket Sasak dari Lombok yang telah diproduksi dan dapat dijadikan oleh-oleh dapat berupa berbagai hal, mulai dari selendang, ikat pinggang dan berbagai aksesoris unik.

Untuk harganya sendiri sangatlah beragam, mulai dari Rp 200 ribuan hingga Rp 2 jutaan, tergantung dari motif dan lama pengerjaan dari kain tersebut. Harga tersebut memang terbilang cukup fantastis namun akan terpuaskan dengan kualitas kain khas Lombok yang saat ini penjualannya mulai merambah ke dunia internasional. Pusat oleh-oleh kain songket Sasak ini hanya diproduksi di Lombok Tengah, tepatnya di desa Sade.

  1. Mutiara Lombok
Mutiara Lombok

Mutiara Lombok

Selain kain songket Sasak, Lombok juga memiliki oleh-oleh khas berupa mutiara asli yang diperleh dari dasar laut Lombok. Oleh karena itu, tak heran jika mutiara tersebut berkualitas bagus dan tergolong mewah. Bahkan, pengrajin setempat menjadikan mutiara Lombok sebagai aneka perhiasan yang elegan.

Pusat penjualan dan pengrajin mutiara Lombok hanya terdapat di kampung Sekarbela, Kota Mataram. Di kampung tersebut, Anda akan menjumpai berbagai produk olahan dari mutiara. Mutiara yang diproduksi dan diolah sendiri terbagi menjadi 2, yakni mutiara laut dan air tawar.

Jika dibandingkan antara keduanya, mutiara laut dapat dikatakan sebagai oleh-oleh Lombok termahal, yakni mulai dari Rp 100 ribu hingga Rp 500 ribu per gramnya. Hal tersebut bukan tanpa alasan, mengingat proses pencarian dari mutiara laut tersebut memang banyak memangkas tenaga, serta risikonya yang cukup tinggi. Untuk ventuknya sendiri ialah agak oval berwarna emas, perak, hitam dan putih. Sementara untuk mutiara air tawar memiliki bentuk bulat, namun harganya terbilang lebih rendah, yakni sekitar Rp 15 ribu per butirnya. Warna yang tersedia untuk mutiara air tawar ini pun cukup banyak, yaitu pink, biru, kuning, oranye dan putih.

Oleh Oleh Khas Lombok Online

  1. Dodol Rumput Laut
Dodol Rumput Laut

Dodol Rumput Laut

Lombok juga memiliki oleh-oleh khas berupa dodol rumput laut. Dodol tersebut dibuat dari rumput pilihan yang tersedia di sekitar pantai-pantai yang ada di Lombok. Seperti yang kita ketahui, rumput lain mengandung serat tinggi yang baik untuk pencernaan manusia, sehingga camilan berupa dodol rumput laut tersebut sangat baik dikonsumsi untuk berbagai usia, baik anak-anak maupun orang dewasa.

Dodol rumput laut khas Lombok dibuat dengan beragam warna yang mampu menciptakan ketertarikan bagi anak-anak. Terlebih lagi, rasa yang disuguhkan dari oleh oleh ini tidak terlalu manis, sehingga aman dan menyehatkan.

  1. Madu Lombok
Madu Lombok

Madu Lombok

Oleh oleh khas Lombok yang banyak dicari oleh para wisatawan ialah madu Lombok. Sudah bukan rahasia baru jika madu Lombok memiliki khasiat dan manfaat yang cukup bagus. Terlebih lagi, madu tersebut diperoleh dari lebah hutan tropis yang berada di Lombok, sehingga mampu menghasilkan kualitas madu yang sangat baik.

Madu Lombok yang cukup dikenal oleh wisatawan ialah madu yang berasal dari daerah Serena dan Trigona. Madu dari daerah-daerah tersebut mampu bersaing dengan madu-madu berkualitas lainnya.

Oleh Oleh Khas Lombok Murah

  1. Terasi Lombok
Terasi Lombok

Terasi Lombok

Oleh oleh khas Lombok Murah lainnya ialah terasi Lombok. Terasi Lombok terbuat dari bahan dasar pilihan yang mampu menciptakan rasa gurih dan nikmat, sehingga mampu menggugah selera. Seperti yang kita ketahui, berbagai makanan khas Lombok biasanya akan dilengkapi dengan terasi Lombok untuk menggoyang lidah si konsumennya.

Jika Anda penyuka terasi untuk campuran sambal, jangan lewatkan untuk membeli terasi ketika berlibur ke Lombok. Harga yang ditawarkan untuk terasi khas Lombok ini sangatlah beragam, mulai dari Rp 50 ribu hingga Rp 90 ribu per kg nya.

  1. Susu Kuda Liar
Susu Kuda Liar

Susu Kuda Liar

Susu kuda liar menjadi salah satu jenis minuman yang diklaim mampu menambah stamina, kebugaran dan daya tahan tubuh. Susu kuda liar khas Lombok diperoleh dari hasil kuda liar Sumbawa yang bergerak bebas dan tanpa campuran bahan kimia, rekayasa genetika dan mikroba. Meskipun tidak melalui proses pasteurisasi, susu kuda liar khas Lombok ini dapat bertahan hingga 1 tahun tanpa mengalami penggumpalan sedikit pun pada suhu ruangan.

Namun, akan cukup susah mendapatkan susu kuda liar di Lombok. Oleh karena itu, tak heran jika harganya dibanderol cukup tinggi, yakni sekitar Rp 100 ribuan untuk satu botol susu kuda liar berukuran 500 ml. Penjual susu kuda liar sendiri dapat diperoleh di daerah Woja, Dompu, Nusa Tenggara Barat.

Oleh Oleh Khas Lombok Makanan

  1. Peyek Kangkung Rumput Laut
Peyek Kangkung Rumput Laut

Peyek Kangkung Rumput Laut

Tidak hanya olahan dodol, rumput laut dari Lombok juga diolah menjadi peyek kangkung rumput laut. karena terbilang inovatif, oleh oleh makanan yang satu ini terbilang masih baru. Kendati demikian, peyek kangkung rumput laut tersedia dalam 4 varian, yakni original, seledri, pedas dan teri pedas. Untuk harganya sendiri ialah sekitar Rp 25 ribu per bungkus.

BACA JUGA : 15 Oleh-Oleh Khas Surabaya yang Wajib Dibawa Pulang

  1. Abon Ikan Marlin Lombok
Abon Ikan Marlin Lombok

Abon Ikan Marlin Lombok

Anda penggemar abon ? cobalah mencoba abon ikan Marlin khas Lombok yang memiliki kandungan Omega 3 dan DHA yang sangat baik untuk perkembangan otak sang buah hati. Jika dibandingkan dengan abon sapi, abon ikan lebih sehat dan aman karena bebas kolesterol. Untuk harganya sendiri ialah sekitar Rp 60 ribu per 1/4 kg.

Pusat Oleh-Oleh Makanan Khas Lombok

  1. Desa Kelayu

Desa Kelayu terletak tidak jauh dari Kota Selong, tepatnya di Kecamatan Selong Lombok Timur. Kelayu merupakan sebuah desa penghasil aneka makanan tradisional Lombok. banyak makanan khas Lombok yang dijual di daerah ini, salah satunya dodol rumput laut.

  1. Taman Hutan Suranadi

Tidak hanya di Desa Kelayu, Anda juga dapat menjumpai dodol beraneka rasa di Taman Hutan Suranadi. Selain dodol, tempat yang satu ini juga menjual berbagai wisata kuliner khas Lombok, salah satunya Sate Bulayak. Ketika akhir pekan dan hari libur tiba, bersiaplah untuk berdesak-desakan di kawasan ini karena jumlah pengunjung yang membludak.

Makanan Khas Lombok

  1. Sate Bulayak
Sate Bulayak

Sate Bulayak

Makanan khas Lombok yang cukup terkenal ialah sate Bulayak. Pada dasarnya, sate Bulayak hampir sama dengan sate Madura lainnya, namun perbedaannya terletak dari lontong yang disajikan bersama sate. Sate Bulayak biasanya diiring dengan lontong yang dibungkus daun aren berbentuk spiral. Dengan demikian, cara membukanya pun terbilang unik karena harus mengikuti ulir dari daur aren yang melekat tersebut.

Sementara daging yang digunakan untuk sate bulayak ialah daging sapi yang dipadukan dengan sambal khas dari suku Sasak. Kekhasan lainnya ialah cara pengonsumsiannya yang menggunakan tangan, tanpa ditemani sendok atau pun garpu.

  1. Ayam Taliwang
Ayam Taliwang

Ayam Taliwang

Ayam taliwang merupakan sejenis ayam kampung yang masih muda dan dagingnya terbilang empuk. Makanan khas Lombok yang satu ini memiliki cita rasa yang pedas namun mampu membuat lidah ketagihan. Tidak hanya dibakar, ayam taliwang khas Lombok juga dapat disajikan dengan cara digoreng.

  1. Ares
Ares

Ares

Jika Anda tidak selera makan makanan yang pedas, dapatlah menjajal Ares khas Lombok. Ares merupakan kuliner khas Lombok yang berbahan dasar pelepah pisang dan menyuguhkan rasa manis dan gurih dengan campuran santan. Agar lebih mengenyangkan, Anda dapat mengonsumsi ares bersama nasi.

  1. Bebalung
Bebalung

Bebalung

Sesuai dengan namanya, babalung sangat identik dengan tulang. Benar saja, bahan utama dari pembuatan babalung ialah tulang iga sapi atau kerbau yang dibumbui oleh bawang merah, bawang putih, cabe rawit, lengkuas, kunyit dan jahe. Dalam penyajiannya, babalung akan dilengkapi dengan taburan bawang goreng yang melimpah. Bayangkan saja, bagaimana rasa yang disuguhkan dari makanan yang hampir mirip dengan tengkleng tersebut.

Makanan Ringan Khas Lombok

  1. Kacang Mete
Kacang Mete

Kacang Mete

Anda berlibur ke Lombok ? Sangat disayangkan jika tidak membeli oleh oleh berupa kacang mete. Kacang mete khas Lombok berasal dari bumbu dan rempah yang sangat khas mampu menghadirkan rasa asin, gurih dan nikmat, sehingga mampu membuat lidah ketagihan. Harga dari kacang mete Lombok sendiri ialah mulai dari Rp 25 ribu hingga Rp 30 ribu per kantongnya, yakni sekitar 250 gram.

  1. Kue Kerake
Kue Kerake

Kue Kerake

Makanan ringan khas Lombok lainnya ialah kue kerake. Jika dilihat dari penampilan fisiknya, kue kerake hampir mirip seperti susunan bawang putih karena dibungkus kulit jagung dan dibuat menonjol di 3 bagian. Namun, ketika dikonsumsi, kue tersebut rupanya memiliki tekstur yang sedikit kenyal karena berbahan dasar ketan. Selain itu, kue kerake memiliki rasa yang legit, manis dan enak.

Harga Kaos Khas Lombok

Bagi Anda yang lebih menyukai membawa oleh oleh berupa barang, dapatlah melirik kaos Lombok. Sama halnya dengan Bali, Yogyakarta, Jakarta dan berbagai tempat lainnya, Lombok juga memiliki kaos khas dengan ciri khas pesona lautnya, yakni penyu. Selain itu, tersedia pula kaos Lombok dengan motif yang bertemakan pemandangan laut yang biru.

Berbicara mengenai harganya, harga kaos khas Lombok terbilang sangat terjangkau, mulai dari Rp 45 ribu hingga Rp 120 ribu tergantung dari kualitas dan motif dari kaos tersebut. Harga yang ditawarkan tentunya akan lebih murah jika membelinya dalamm jumlah banyak.

Gelang Khas Lombok

Gelang Khas Lombok

Gelang Khas Lombok

Gelang khas Lombok juga banyak dicari oleh wisatawan untuk oleh oleh keluarga dan sahabat di rumah. Mengingat gelang merupakan salah satu kerajinan tangan yang banyak dijual dan dijajakan di Lombok. Hampir sama dengan daerah-daerah wisata lainnya, gelang khas Lombok biasanya juga terbuat dari bahan-bahan yang alami. Untuk harganya sendiri pun sangat ramah di kantong, yakni sekitar Rp 5 ribu hingga Rp 20 ribuan.

Tas Khas Lombok

Tas Khas Lombok

Tas Khas Lombok

Selain kain tenun, kaos dan gelang, ada pula tas yang banyak dijadikan sebagai oleh oleh khas Lombok. Tas khas Lombok memang menjadi daya tarik tersendiri untuk dibeli oleh para wisatawan. Desain dan motifnya yang cukup inovatif, membuat para wisatawan rela memborong tas dalam jumlah yang tidak sedikit.

Demikianlah informasi yang bisa kami bagikan mengenai Oleh Oleh Khas Lombok, semoga bermanfaat dan terimakasih.

Pencarian Resep Terbaru:

  • gelang khas lombok
  • Makanan khas lombok yang tahan lama dan harga murah rasanya enak
  • oleh-oleh lombok dan harga
14 Oleh Oleh Khas Lombok Paling Tahan Lama dan Murah | admin | 4.5
/* */