Resep Masakan Nusantara

Harga Cabai Rawit Terbaru Agustus 2017

Harga Cabai Rawit

Cabai Rawit

Harga Cabai Rawit – Seperti namanya, harga cabe rawit saat ini masih benar-benar pedas. Di pasar tradisional saja, banyak pedagang yang menjual cabai rawit ini hingga menyentuh angka Rp 160.000 / per kilonya. Makanan yang pedas tentu di dalamnya terdapat cabai yang berkualitas. Tapi sayangnya harga bahan pokok, terutama cabe harganya tidak stabil, baik di pasar tradisional ataupun di swalayan seperti Giant, Superindo, Indomaret, Alfamart, Alfamidi, Hypermart dan lain sebagainya. Nah, dalam kesempatan kali ini kami akan membagikan informasi mengenai harga cabe rawit terbaru, simak ya.

Di beberapa kota di Jawa Timur, harga cabe rawit hari ini mengalami perbedaan yang cukup signifikan. Seperti di Kabupaten Pacitan harga cabai rawit merahnya menyentuh angka Rp 140.000 / kg. Jelas hal ini membuat para pedagang mengalami kekecewaan. Dengan harga sebesar itu, para konsumen rata-rata hanya membeli 2 ons saja paling banyak. Berbeda lagi di Jakarta, terutama di Pasar Induk Kramat Jati. Di situ cabe rawit berangsung menurun mulai dari Rp 145.000 /kg kini hanya Rp 95.000 / kg. Bahkan ada beberapa pedagang yang menjual cabe rawit hanya Rp 88.000.

Harga Cabe Merah

Namun ketika mahal-mahalnya kemarin, Jakarta dan NTB merupakan daerah yang menjual cabe merah paling mahal bisa sampai Rp 150.000 / kg ke atas. Namun untuk daerah barat seperti Aceh dan sekitarnya mengalami penurunan mulai 15.000 – Rp 30.000 per kg. Yang paling mengejutkan adalah di Lampung, karena masih menembus angka Rp 130.000 / kg. Bahkan pada pekan lalu bisa menyentuh angka Rp 135.000 / kg. Cukup tinggi jika dibandingkan dengan kota besar lainnya.

Kenaikan harga cabe rawit 2017 ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya adalah stok dari petani yang menipis. Selain itu juga disebabkan oleh pemerintah yang terus menerus import cabe rawit. Ini merupakan salah satu tugas pemerintah untuk menurunkan harga cabe dan meratakannya di setiap kota atau kabupaten. Bagi masyarakat sendiri ada beberapa solusi yang bisa dilakukan agar tidak terkena dampak naiknya harga cabai, salah satu adalah dengan menamam cabe sendiri.

Cara Menanam Cabe

  • Cara menanam cabe sebetulnya sangat mudah, pertama kamu membutuhkan tanah yang kaya akan zat organik serta bertekstur gembur.
  • Perhatikan juga derajat keasaman tanah, jangan kurang atau lebih dari 5,5 – 7.0.
  • Cabe sangat tidak baik ditanam dalam tanah yang tergenang air.
  • Daerah yang akan kamu gunakan untuk menanam cabe harus bersuhu 16 – 32 derajat celcius.
  • Serta memiliki curah hujan antara 1500 – 2500 mm.
  • Ketika masuk masa pembungaan dan pemasakan, cabe harus bisa terkena sinar matahari minimal 10 – 12 jam per harinya.
  1. Cara menanam cabe dimulai dari mengambil bibit dengan kondisi baik serta siap tanam
  2. Masukkan bibit tersebut ke dalam sebuah lubang tanam
  3. Tambahkan pupuk kandang, lalu tutup dengan tanah
  4. Ketika musim kemarau tiba, siram tanaman setiap hari cukup sekali saja.
  5. Jangan lupa untuk menambahkan penutup tanaman agar mengurangi penguapan pada lahan tanam.

Harga Cabe Rawit 1 KG

Dengan naiknya harga cabe rawit 1 kg ini kamu bisa memanfaat peluang yang ada yakni dengan cara menjual cabe yag sudah kamu tanam tadi. Tidak cuma di kota-kota terpencil saja yang mengalami kenaikan. Di kota Bandung pun juga mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Kini, harga cabe rawit merah sampai Rp 140.000 / kg. Padahal di bulan sebelumnya hanya Rp 70.000. Sungguh kenaikan yang sangat tinggi dan merugikan banyak kalangan.

Tidak cuma cabe merah saja yang mengalami kenaikan, cabe rawit hijau pun juga mengalami hal yang sama. Harga cabe rawit sekarang berada di angka Rp 120.000/kg. Para pedagang mengklaim kenaikan harga ini disebabkan oleh para petani yang gagal panen. Seperti yang diketahui beberapa waktu belakangan ini cuaca memang tidak menentu, dan berdampak dari layunya cabe yang hendak di panen.

Untuk bulan ini, berita harga cabai hari ini tertuju di Kabupaten Lebak, Banten, dimana sampai menyentuh angka Rp 120.000 – Rp 135.000 per kilogramnya. Penyebabnya tidak lain dan tidak bukan adalah karena persediaan terbatas. Bahkan dalam beberapa waktu cabai merah sempat mengalami kelangkaan.

Baca Juga :

Harga Cabe Rawit Hari Ini di Surabaya

Beralih ke kota Surabaya. Kota yang dipimpin oleh Tri Rismaharini ini membandrol cabe dengan cukup tinggi, seperti bulan sebelumnya. Harga cabe rawit hari ini di Surabaya masih berada di angka Rp 90.000 / kg. Sedangkan untuk rawit merah turun menjadi Rp 75.000 – Rp 85.000/kg. Banyak pedagang yang mengaku kesulitan menjual cabe, karena harganya yang selangit.

Harga Cabe Rawit Hijau

Untuk jenis cabe rawit hijau, di beberapa tempat masih tergolong murah. Harga cabe rawit hijau ini ada yang dijual seharga Rp 29.000 / kg. Padahal di lain tempat ada yang menjual hingga Rp 65.000 / kg. Dalam beberapa waktu ini cabai rawit hijau memang turun drastis harganya. Dari Rp 130.000 hingga puluhan ribu rupiah. Stok yang melimpah disebut sebagai penyebab utama turunnya harga cabai ini.

Harga Cabe Merah Hari Ini di Medan

Setelah menyinggung Aceh, kurang lengkap kalau kita tidak membahas kota Medan. Harga cabe merah hari ini di Medan Terhitung sangat murah, yakni hanya Rp 20.000 / kg. Bahkan di salah satu pasar di Medan, ada pedagang yang menjual cabai padagangannya hanya Rp 10.000 / kg. Sangat murah jika dibanding dengan daerah lainnya.

Baik, berikut rangkuman kami mengenai harga cabai :

Harga Cabai Rawit Terbaru

DAERAH HARGA
Pacitan Rp 140.000 / kg
Pasar Induk Keramat Jati/Jakarta Rp 95.000 / kg
Aceh Rp. 15.000 – Rp 30.000 per kg
NTB Rp 150.000
Bandung Rp 140.000 / kg
Kabupaten Lebak, Banten Rp 120.000 – Rp 135.000 / kg
Surabaya Rp 75.000 – Rp 85.000/kg
Medan Rp 20.000 / kg

Disclaimer : Harga di atas bisa berubah sewaktu-waktu tanpa adanya informasi dari kami.

Demikianlah informasi yang bisa kami bagikan mengenai Harga Cabai Rawit Terbaru, semoga bermanfaat dan terimakasih. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini agar kerabat Anda tidak ketinggalan beritanya.

Harga Cabai Rawit Terbaru Agustus 2017 | admin | 4.5
/* */