Resep Masakan Nusantara

Daftar Menu Sarapan Pagi yang Mudah Dibuat dan Recommended

Daftar Menu Sarapan Pagi yang Mudah Dibuat dan Recommended

Daftar Menu Sarapan Pagi yang Mudah Dibuat dan Recommended – Daftar menu sarapan pagi merupakan hal yang patut dipertimbangkan dengan baik. Mengingat sarapan pagi merupakan salah satu waktu makan yang sangat penting dan tidak boleh dilewatkan karena merupakan sumber energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Dengan menyantap menu sarapan pagi, seseorang akan memiliki stamina yang lebih kuat dan prima untuk menjalankan sederetan aktivitas seharian penuh. Menu sarapan pagi yang lebih bervariasi membuat para anggota keluarga pun lebih semangat dan excited untuk menantikan kreasi sarapan pagi tiap harinya.

Di negara Malaysia yang merupakan negara penghuni beraneka ragam etnis baik dari Melayu, India, Cina dan lain sebagainya. Dengan beranekaragamnya etnis tersebut, menu sarapan pagi Malaysia pun cukup bervariasi dan dapat dipilih sesuai keinginan. Salah satunya ialah nasi lemak yang merupakan salah satu menu sarapan pagi favorit orang Melayu. Di Indonesia, nasi lemak ini hampir serupa dengan nasi aduk. Dimana dalam pembuatannya menggunakan santan kelapa. Namun perbedaannya, kadang kala pemasakan dari nasi lemak juga dapat menggunakan daun pandan untuk menambahkan aroma yang lebih harum. Untuk menu sarapan pagi malaysia, orang melayu akan menambahkan telur kukus, ikan bilis goreng, timun dan sambal ketika mengonsumsi nasi lemak. Selain nasi lemak, menu sarapan pagi Malaysia lainnya ialah rendang. Meskipun makanan ini merupakan masakan khas Padang, namun para warga melayu rupanya sering menghidangkannya ketika gelaran acara-acara pesta. Rendang sendiri terbuat dari berbagai bahan, bisa dari daging sapi, daging ayam dan sayuran, contohnya nangka atau singkong. Daging kemudian dimasak dengan menggunakan santan dan rempah-rempah selama beberapa jam dengan api yang kecil agar daging mampu menyerap berbagai bumbu dengan cepat.

Baca juga :

Namun aktivitas yang cukup padat dari pagi, membuat banyak orang mulai melalaikan sarapan pagi, termasuk diantaranya sang buah hati. Untuk mengakali hal ini, seorang ibu sudah sepatutnya untuk menyiapkan menu sarapan pagi anak yang lebih bervariatif dan menarik. Contohnya ialah dengan membuat nasi goreng sosis kornet. Dimana bahan-bahan yang disajikannya cukup mudah, yakni 5 centong nasi putih dingin, 1/2 bungkus kornet, 1 batang sosis yang telah diiris tipis-tipis, 1 butir telur yang telah dikocok, 1 siung bawang putih yang telah dihaluskan, 1/4 buah bawang bombai dicincang halus dan 1 sendok teh margarin. Untuk pelengkap rasanya, siapkan gula, merica dan masako secukupnya.

Nasi goreng sosis kornet merupakan menu sarapan pagi sehat untuk sang buah hati. Cara pembuatannya yang terbilang mudah dapat dicoba kapan saja meskipun sang ibu tak memiliki banyak waktu. Cara pembuatannya ialah dengan melelehkan margarin pada penggorengan, kemudian masukkan bawang putih dan bawang bombai, tumislah hingga harum. Angkat bawang putih dan bawang bombai. Langkah selanjutnya ialah masukkan telur kocok dan jadikan telur orek, kemudian tambahkan bawang putih dan bawang bombai yang telah ditumis. Masukkan kornet dan sosis, kemudian aduklah hingga merata. Jika keduanya telah matang, segera matikan kompor. Selanjutnya, masukkan nasi putih, gula, merica bubuk dan masako secukupnya, kemudian aduklah hingga merata. Jika telah tercampur secara merata, kembali hidupkan kompor beberapa saat. Menu nasi goreng sosis kornet pun siap disajikan untuk sarapan pagi sang buah hati.

Sedangkan bagi orang dewasa, terdapat berbagai menu sarapan pagi praktis yang dapat dicicipi. Contohnya saja dengan mengonsumsi sereal. Sereal sendiri dibuat dari bahan-bahan yang sangat mudah untuk didapatkan, yakni sereal, yogurt atau susu dan buah-buahan. Sereal sendiri saat ini sudah tersedia di supermarket dengan berbagai jenis. Jika sebelumnya Anda mencampurkannya dengan susu ketika penyajiannya, cobalah untuk menggantikannya dengan yogurt. Kemudian tambahan potongan buah-buahan segar sebagai pelengkapnya. Dengan mengonsumsi menu sarapan pagi ini, dapat dipastikan Anda terhindar dari rasa lapar seharian. Namun jika Anda kurang tertarik dengan sereal, pancake juga merupakan menu sarapan pagi yang patut untuk dicoba. Dimana bahan penyusun dari pancake ini ialah tepung terigu, margaris, telur, susu cair, sirup gula atau madu. Untuk proses pembuatannya, campurkan seluruh bahan tersebut dan masaklah di teflon agar tidak lengket. Jika telah matang, sajikan dengan sirup gula atau madu. Anda juga dapat menambahkan beberapa potongan buah dan beberapa scoop es krim di atasnya untuk mempercantik tampilan dan menambah selera sarapan pagi.

Nasi pecel merupakan salah satu menu sarapan pagi yang sihat yang sering kali dipilih oleh masyarakat Indonesia. Dimana pecel sendiri terbuat dari rebusan sayuran, yakni kacang panjang, daun turi, bayam, tauge, krai (sejenis mentimun), kemangi dan berbagai sayuran lainnya. Kemudian berbagai sayuran tersebut pun disiram dengan sambal pecel yang khas. Selain nasi pecel, rawon juga kerap kali dipilih sebagai menu sarapan pagi. Rawon sendiri sangat identik dengan daging sapi atau kambing dengan tambahan tauge. Jika disantap dengan sambal, rasa khas dari rawon untuk sarapan pagi pun sangat menggoda selera.

Namun jika Anda tak terbiasa mengonsumsi nasi atau makanan berat sebagai menu sarapan pagi. Roti bakar selai buah naga juga dapat menjadi alternatif untuk menu sarapan pagi mudah. Meskipun tak terlalu mengenyangkan seperti mengonsumsi nasi, namun dengan mengonsumsi roti kandungan karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh akan terpenuhi dengan baik. Jika tak tertarik dengan selai buah naga, Anda juga dapat menggantinya dengan selai lainnya sesuai selera. Cara pembuatannya cukup mudah, yakni dengan mengoleskan selai di kedua bagian roti, kemudian panggang hingga matang. Roti bakar selai pun siap untuk dinikmati. Menu sarapan pagi mudah lainnya ialah dengan mengonsumsi Potato Salad. Dengan berbahan dasar kentang yang kaya akan kandungan karbohidrat, Anda pun terhindar dari rasa lapar ketika beraktivitas seharian penuh. Bahan yang perlu Anda persiapkan ialah kentang kukus, timun, telur rebus, mayones dan minyak zaitun. Cara membuatnya pun cukup mudah, yakni dengan memotong seluruh bahan menjadi bentuk yang kecil-kecil, kemudian tambahkanlah minyak zaitun dan mayones. Untuk memperkaya cita rasanya, tambahkanlah rempah-rempah lain secukupnya.

Pada dasarnya, menu sarapan pagi yang berkhasiat harus memiliki berbagai kandungan karbohidrat dan protein yang seimbang. Makanan untuk sarapan pagi yang mengandung karbohidrat sendiri dapat ditemukan pada nasi beras, kentang, jagung dan roti. Sedangkan kandungan protein dapat ditemui pada lauk, contohnya daging dan telur. Telur sangat baik dipilih untuk menu sarapan pagi. Selain mengandung protein, ia juga memiliki kandungan vitamin D yang memiliki manfaat sangat baik untuk kesehatan tubuh. Tak hanya makanan, sayuran dan buah-buahan juga dapat dijadikan alternatif untuk menu sarapan pagi. Sayuran yang dapat dikonsumsi ketika sarapan pagi ialah sayuran hijau, diantaranya bayam, brokoli dan sayuran lainnya. Sedangkan untuk buahan-buahan, Anda dapat mencoba untuk mengonsumsi buah pisang, buah melon, buah semangka untuk sarapan pagi.

Menu sarapan pagi yang sehat dan bergizi sebenarnya akan lebih sempurna jika ditambah dengan mengonsumsi susu. Hal ini bertujuan agar kondisi tulang pun menjadi sehat, sehingga tubuh dapat menjalankan berbagai aktivitas tanpa hambatan apa pun. Seperti yang kita ketahui, jika tulang mengalami gangguan, maka tubuh pun tak mampu untuk melakukan aktivitas apa pun, termasuk aktivitas yang ringan sekali pun. Oleh karena itu, tambahkan segelas susu sebagai daftar menu sarapan pagi yang sehat dan bergizi Anda.

Bagi Anda yang tengah bingung untuk menyiapkan menu sarapan pagi, kali ini kami akan memberikan daftar menu sarapan pagi selama 1 minggu yang dapat dicoba di rumah.

Daftar menu sarapan pagi selama 1 minggu

  • Senin : Omelet telur
  • Selasa : Mie goreng jawa
  • Rabu : Roti bakar keju
  • Kamis : Cap cay goreng dan udang goreng tepung
  • Jumat : Telur orak arik
  • Sabtu : lonthong mie
  • Minggu : Nasi goreng putih dengan tambahan kornet

Pencarian Resep Terbaru:

  • sarapan pagi yang mudah dibuat dari sayuran
  • Menu sarapan pagi masako
  • menu sarapan pagi malaysia
  • menu sarapan pagi bayam
  • menu sarapan melayu
  • menu sarapan di malaysia
  • menu sarapan 1 minggu
  • menu masakan recommended
  • kreasi sarapan pagi
  • daftar menu sarapan pagi selama 1 minggu
Daftar Menu Sarapan Pagi yang Mudah Dibuat dan Recommended | admin | 4.5