Resep Masakan Nusantara

Cara dan Tips Merebus Telur yang Benar

Cara dan Tips Merebus Telur yang Benar

Dapuranggi.idCara dan Tips Merebus Telur yang Benar. Telur merupakan salah satu makanan pokok yang paling sering dikonsumsi oleh masyarakat. Di Indonesia kebutuhan akan telur ini semakin meningkat. Dalam pengolahannya, telur bisa dimasak apa saja, salah satunya dengan direbut. Tentu bagi orang yang biasa masak, maka merupakan hal mudah merebus telur. Namun hal tersebut tidak berlaku demikian bagi orang-orang yang masih awam dan baru belajar memasak. Anda membutuhkan tips merebus telur supaya bisa dicapai hasil maksimal dalam merebus telur yang bagus dan tidak pecah. Sering kali cara yang salah akan membuahkan hasil yang tidak maksimal dan jauh seperti apa yang telah diharapkan. Oleh karena itulah anda harus benar-benar mempelajari bagaimana cara memasak telur atau merebus telur. Selain mempelajari, tentu diikuti pula oleh praktiknya langsung supaya bisa tahu bagaimana hasilnya.

Cara dan Tips Merebus Telur yang Benar – Tips merebus telur agar tidak pecah pada dasarnya mudah sekali ditemukan di internet, namun sering kali dalam praktiknya kita mengalami kesalahan hingga telur itu tetap saja pecah meskipun telah mengikut banyak tips agar tidak pecah. merebus telur supaya tidak pecah sebenarnya gampang-gampang susah. Hal yang perlu anda lakukan adalah jangan menaruh telur kedalam panci dengan kondisi sesak, atau telur terlalu banyak sehingga akan membuat penguapan kurang dan telurpun pecah. Anda juga bisa menambahkan irisan lemon yang diiring tipis kemudian irisan tersebut bisa dioleskan pada telur yang kering. Biarkan bagian luar telur dibasahi oleh irisan lemon tersebut secara merata. Biarkan sampai kering kira-kira menghabiskan waktu sampai 15 menitan. Setelah itu barulah anda siapkan panci yang berisi air dan panaskan. Saat air sudah mulai mendidih, masukkan telur tersebut. Rebus sampai 15 menit lamanya, tutuplah panci dengan rapat supaya bisa dihasilkan telur dengan tingkat kematangan yang sempurna.

Baca juga :

Cara seperti diatas juga bisa menjadi tips merebus telur agar mudah dikupas. Pada umumnya, jika salah cara dalam merebus telur pasti setelah matang, akan susah dikupas sehingga membuat kulit melekat pada telur terutama pada putihannya. Hal tersebut bisa saja terjadi karena cara merebus telur anda salah. Anda bisa melakukan cara lain yaitu dengan memeras jeruk nipis dalam sebuah wadah. Lalu, ambillah telur yang sudah kering dan dicelupkan secara merata kedalam cairan perasan jeruk tersebut, biarkan sampai kering sendiri, tunggulah beberapa lama, jangan masukkan telur dalam rebusan air ketika telur yang dilumuri oleh perasan jeruk tersebut belum kering. Jika sudah kering baru anda boleh mulai merebut telur. Pada umumnya, cara seperti ini akan membuat telur tidak pecah ketika dimasak dan mudah dikupas dari kulitnya untuk disajikan. Biasanya air yang mendidih akan membuat telur rentan mengalami pecah-pecah. Namun dengan kandungan asam yang ada pada jeruk nipis tersebut akan melindungi telur dari resiko pecah ketika dimasak.

Tak hanya itu saja, perasan jeruk nipis ini juga bisa mempermudah orang dalam mengupas jeruk dari kulitnya ketika hendak masak. Jenis telur yang ada di pasaran ini ada beberapa jenis, ada telur ayam dan telur puyuh yang biasanya ramai dibeli. Telur puyuh memiliki bentuk yang lebih kecil dari pada telur ayam, sehingga tentu saja tips merebus telur telur puyuh akan berbeda dengan tips memasak telur biasa. Karena telur puyuh memiliki penangan berbeda dengan telur biasa. Mula-mulanya anda bisa menyiapkan telur puyuh yang hendak dimasak, apabila ada dalam kulkas, maka biarkan dulu suhunya kembali normal. Siapkan panci dan air, panaskan hingga mendidih. Berilah sedikit garam pada air didihan tersebut, hal ini bisa mempermudah telur puyuh saat ingin dikupas dari kulitnya. Masukkan telur puyuh tersebut dalam air mendidih yang telah diberi garam. Jangan biarkan panci terisi penuh dengan telur puyuh. Diamkan telur puyuh hingga matang, jangan pasang api kompor terlalu besar. Setelah itu angkat dan dinginkan telur puyuh untuk kemudian dikupas. tips merebus telur telur puyuh

Jenis telur lainnya adalah telur asin, yang memang merupakan telur banyak dipilih masyarakat. Biasanya telur asin ini terbuat dari telur bebek yang berukuran lebih besar dibandingkan telur ayam. Telur bebek ini kemudian diasinkan dengan menggunakan cara pada umumnya dan yang dijual dipasaran biasanya sudah dalam bentuk telur asin yang siap direbut. Tips cara merebus telur asin pada dasarnya sama seperti merebus telur biasa, yang perlu anda ingat adalah jangan mengatur pengaturan api kompor terlalu besar sehingga akan membuat telur yang dihasilkan tidak matang sempurna. Anda juga harus memperhatikan penggunaan air yang digunakan untuk merebus. Telur yang dimasukkan dalam panci jangan sampai penuh karena anda perlu menyisakan ruang dalam panci untuk tempat pergerakan telur tersebut. Pastikan anda memasak sesuai waktu yang diinginkan, paling tidak kurang lebih 15 menit adalah waktu yang cukup untuk memasak telur, tergantung juga pada volume telur yang dimasaknya.

Memasak telur memang bukan merupakan perkara yang mudah dan gampang. Anda perlu memperlajari tips merebus telur supaya mudah dikupas, sehingga ketika telur tersebut sudah matang, anda dapat mengupasnya dengan mudah tanpa khawatir bagian telur melekat dengan kulitnya sehingga susah dikupas, dan telur yang dihasilkan pun juga tidak sesuai dengan keinginan.

Selain itu hal lain yang perlu anda ikuti adalah melapisi kulit telur dengan irisan persan jeruk lemon seperti yang diberikan pada tips diatas. Cara merebus telur agar mudah dikupas memang sudah banyak beredar, bahkan anda dapat menemuinya dengan mudah, namun jika cara-cara tersebut gagal, maka cara melapisi dengan air jeruk lemon bisa menjadi cara ampuh anda untuk mendapatkan hasil rebusan telur yang maksimal.

Memasak memang bukan perkara mudah, oleh karena itu kita tidak boleh meremehkan pekerjaan ibu rumah tangga yang memsak setiap hari. Merebus telur bisa saja jadi perkara mudah bagi mereka tapi sulit dilakukan oleh orang awam yang tidak pernah memasak. Anda perlu memperlajari bagaimana cara mengetahui telur rebus yang sudah matang terlebih dahulu. Jangan sampai telur menjadi rusak karena anda sudah mengangkat telur dari rebusan air karena dirasa sudah matang. Padahal sebenarnya belum matang. Pada umumnya, telur dirasa sudah matang apabila air sudah benar-benar mendidih dan dalam jangka waktu kurang lebih 15 menit. Anda bisa menggunakan cara lain yaitu memecahkan sedikit saja cangkang telur untuk memastikannya, atau bisa menggunakan tusuk gigi untuk melihat keadaan telur sudah matang apa belum.

Kemudian untuk cara merebus telur setengah matang tentu saja perlakuannya berbeda dengan telur yang direbus matang. Anda cukup kurangi waktu dan kecilkan api selama merebus. Hindari penggunaan api yang terlalu tinggi karena akan membuat telur setengah matang anda gagal. Anda bisa juga memperpendek waktu merebus telur tersebut daripada umumnya sehingga didapatkan telur setengah matang.

Begitulah tips dan cara merebus telur agar tidak pecah, anda bisa menghasilkan hasil rebusan telur yang matang sempurna serta tidak pecah dan mudah sekali saat dikupas nantinya ketika matang. Selamat mencoba.

Pencarian Resep Terbaru:

  • benarkah pada saat memasak telur tidak boleh pada air yang telah mendidij
  • apa air hrus penuh dalam merebus telur
  • cara merebus telur agar tidak pecah dan mudah dikupas
  • Cari kan ndek internet tips merebus telur Bisa?
  • diberi garam saat merebus telur
  • gagal merebus telur
  • merebus telur dengan lemon
  • merebus telur tanpa kulit apakah dengan air yg blm mendidih
Cara dan Tips Merebus Telur yang Benar | admin | 4.5