Resep Masakan Nusantara

15 Makanan yang Baik untuk Ibu Hamil

15 Makanan yang Baik Untuk Ibu Hamil

15 Makanan yang Baik Untuk Ibu Hamil

15 Makanan yang Baik Untuk Ibu Hamil. Makan makanan yang baik adalah syarat untuk kesehatan ibu hamil dan calon bayi yang akan dilahirkan. Baik di sini bukan berarti rajin menabung, bangun pagi, atau khatam Al-Qur’an, bukan yang seperti itu. Tapi, baik yang Anggi maksud adalah apabila makanan tersebut dikonsumsi maka kesehatan ibu hamil tersebut tidak akan terganggu, atau bahkan lebih baik. Juga untuk calon anak dalam kandungan.
Siapa sih, suami dan istri yang tidak ingin punya momongan ? Apalagi orang tua, pasti ingin segera meminang cucu. Untuk itu, kehamilan seorang istri pasti selalu ditunggu dan dijaga baik-baik. Banyak wanita-wanita yang belum tahu kalau tidak semua bisa dimakan sewaktu hamil. Akibatnya, gak becandaan, bayi bisa lahir tidak sesuai waktunya, atau bahkan bisa meninggal dalam kandungan. Semoga aja gak ada yang seperti ini. Amin.
Ada pula mitos yang menyebutkan kalau ibu hamil harus makan dua kali lebih banyak. Itu belum tentu benar, yang benar adalah ibu hamil harus makan dua kali lebih bergizi. Apa saja makanan bergizi yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil ? Berikut Anggi bagikan.
1. Sereal
Ketika mau memulai aktivitas, sereal baik untuk dikonsumsi bagi ibu hamil. Karena di dalamnya terdapat asam folat yang dibutuhkan pada minggu-minggu pertama fase kehamilan hingga delapan bulan ke depan, karena nutrisi vitamin B wajib untuk dipenuhi.
Oleh para ahli, ibu hamil disarankan setidaknya mengkonsumsi 400 mikrogram asam folat perhari. Mereka juga menyarankan sereal adalah makanan sarapan ideal bagi ibu hamil. Tapi kalau tidak suka sereal, bagaimana ? Bisa diganti dengan kacang polong atau sayur asparagus.
2. Kacang Lentil
Kacang lentil ini banyak memiliki protein sehingga baik untuk dikonsumsi sebanyak mungkin. Ibu hamil minimal harus mengkonsumsi 10 gram protein per-harinya, maksimal 60 gram. Ibu hamil bisa memenuhinya dengan makan kacang lentil kering yang dimasak.
Selain protein, kacang lentil juga memiliki serat yang tinggi, baik untuk pencernaan. Untuk mengolahnya tidak usah binggung, karena kacang lentil ini bisa dicampurkan di nasi atau salad.
3. Brokoli
Salah satu sumber nutrisi yang baik untuk ibu hamil ada dalam brokoli, seperti kalsium dan asam folat. Juga serat dan antioksidan yang berfungsi melancarkan sistem pencernaan dan memerangi berbagai penyakit. Vitamin C-nya sendiri yang terkandung bisa membatu penyerapan zat besi lebih sempurna, sangat bik untuk ibu hamil.
4. Susu Tanpa Lemak
Tubuh ibu hamil menyerap kalsium 2 kali lipat dari biasanya, namun kebutuhan perharinya tetap sama. Dalam satu gelar susu tanpa lemak memiliki 30% kecukupan gizi dalam tubuh. Dan memiliki 1.000 miligram kalsium.
5. Pisang
Pisang adalah sumber kalium, berfungsi untuk menambah energi bagi ibu hamil. Buah yang satu ini, selain enak dan juga gampang dicerna oleh usus karena gadingnya yang lembut serta tidak membuat perut terasa mau mual ketika ditelan.
6. Daging Tanpa Lemak
Salah satu nutrisi, zat besi hewani, ada dalam daging. Fungsi dari nutrisinya tersebut selain untuk mencukupi kebutuhan gizi juga untuk tetap menjaga berat badan saat setelah melahirkan. Nutrisi tersebut ada dalam daging tanpa lemak.
7. Keju
Jangan asal mengkonsumsi keju. Bagi ibu hamil, keju yang baik adalah keju cheddar dan mozzarella karena memiliki kasium dan protein yang tinggi. Setiap onsnya memiliki 150 hingga 200 mg kalsium.
8. Telur
Ketika mengandung tidak jarang perut terasa mual kalau mengkonsumsi daging terus menerus. Nah, saat itu makanan alternatif yang bisa dimakan adalah telur. Daging dan telur sama-sama memiliki protein yang cukup untuk harian.
Tak cuma protein, ada juga asam amino. Kelebihan lainnya adalah, telur sangat mudah untuk diolah, bisa dibuat omelet atau telur dadar biasa, bisa juga telur mata sapi.
9. Oatmeal
Yang satu ini makanan alternatif untuk sarapan pagi jika sudah bosan dengan sereal. Oatmeal bisa mencukupi kebutuhan gizi dan energi ibu hamil yang ingin beraktivitas di dalam rumah. Sumber energi tersebut hadir dari karbohidrat kompleks. Dengan mengkonsumsi oatmeal, ibu hamil akan merasa kenyang lebih lama.
10. Sayuran Hijau
Sayuran-sayuran seperti bayam kaya akan asam folat dan zat besi. Itulah yang akan membuat tubuh menjadi kuat beraktivitas. Selain itu juga akan membuat janin dan tubuh menjadi sehat memiliki nutrisi bergizi.
11. Roti Gandum
Saat hamil, roti tawar yang biasa dikonsumsi bisa diganti dengan roti gandum. Sama seperti oatmeal, roti gandum mengandung nutrisi seperti zat besi, karbohidrat, dan serat yang membuat tubuh terasa kenyang lebih lama.
Dalam sehari lebih baik mengkonsumsi 4 lembar roti karena empat lembar roti tersebut bisa memenuhi 20 – 30 gram kebutuhan serat per hari.
12. Jeruk
Sudah banyak yang mengetahui bahwa jeruk mengandung vitamin C, asam folat, serat, dan airnya. Salah satu fungsinya adalah memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Karena seorang ibu hamil harus memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh agar tidak dehidrasi atau masalah dalam kesehatan janinnya.
13. Kacang-kacangan
Nutrisi vital untuk kesehatan otak sang bayi terdapat di dalam gizi yang terkandung pada kacang-kacangan. Para ahli menyarankan ibu hamil untuk mengganti lemak jenuh yang terdapat pada daging dengan lemak tidak jenuh yang ada di kacang-kacangan. Seperti kacang polong, dan kacang merah.
Jika tidak biasa mengkonsumsi kacang, bisa sebagai campuran ketika mengkonsumsi roti gandum.
14. Yoghurt
Bagi ibu hamil yang tinggal di perkotaan, susu yang telah difermentasi ini sangat menjadi favorit untuk dikonsumsi. Dalam yoghurt terdapat vitamin D dan kalsium dalam jumlah serat. Agar janin tetap sehat, seorang ibu hamil perlu mengkonsumsi 1000 mg kalsium per hari.
Tenang, yoghurt cukup gampang untuk diolah. Hanya dengan dicampur dengan jus, sudah enak untuk dikomsumsi.
15. Ikan Salmon
Ikan salmon merupakan makanan laut yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Ini karena dalam salmon terkandung omega 3 sangat tinggi yang baik untuk kesehatan ibu hamil. Dikatakan baik, karena hanya sedikit mengandung merkuri tidak seperti makanan laut lainnya.
Nah, segitu saja yang bisa Anggi bagikan. Semoga bermanfaat dan terimakasih. Oh iya, kalau saran bisa diutarakan di kolom komen.

Pencarian Resep Terbaru:

  • olahan lentil untuk ibu hamil
15 Makanan yang Baik untuk Ibu Hamil | admin | 4.5
/* */