Resep Masakan Nusantara

12 Oleh Oleh Khas Medan Tahan Lama dan Harga Murah

Pancake Durian

12 Oleh Oleh Khas Medan Tahan Lama dan Harga Murah – Medan adalah salah satu kota terbesar di Indonesia. Medan menempati posisi keempat di bawah Jakarta, Surabaya, dan Bandung. Melawat ke Medan akan menjadi pengalaman super seru bagi kamu. Namun jangan lupa setelah mengunjungi Medan wajib membawa oleh oleh khas Medan yang enak dan harganya murah-murah. Di Medan banyak kuliner khas Medan yang patut kamu cicipi sebelum kembali pulang.

Di Medan banyak sekali kuliner atau produk yang khas untuk dijadikan oleh-oleh khas Medan sebelum pulang. Setidaknya kami merangkum 12 oleh oleh Medan yang bisa kamu jadikan rekomendasi. Apa sajakah itu ? Simak ulasannya di bawah ini.

Kain Ulos

kain ulos

Sebelum kami membagikan kuliner khas Medan yang menggoda, pertama yang kami rekomendasikan adalah kain ulos sebagai oleh oleh khas Medan selain makanan. Kain ulos merupakan kain yang khas dari Sumatera Utara dan menjadi salah satu kebanggan masyarakat Medan. Hampir sama seperti kain batik dari Yogyakarta atau Pekalongan. Kain ulos sangat wajib dikenakan saat acara seperti ritual upacara pernikahan, penyambutan tamu, hingga pemakanan.

Bentuk kain ulos adalah selendang panjang yang biasa dipakai di badan atau bisa juga diikatkan di kepala. Pada umumnya, kain ulos berwarna merah dengan corak putih dan hitam. Proses untuk bisa membuat kain ulos ini sungguh panjang, rumit, dan memakan waktu lama. Namun harga jualnya cukup tinggi. Tempat yang bisa kamu jujuki untuk membeli kain ulos sebagai oleh oleh khas Medan terbaru adalah di Jln. MT. Haryono.

Risol dan Kroket Gogo

risol dan kroket gogo

Jajanan bernama Risol dan Kroket Gogo mulai terkenal sebagai oleh khas Medan belakangan ini. Mereka sukses menembus mayoritas kue dan manis yang sering dijadikan orang sebagai oleh-oleh. Mungkin ini disebabkan Risol dan Kroket Gogo hadir dengan konsep berbeda. Meski tidak begitu khas Medan, tapi jajanan ini sudah mendunia dan terkenal enak. Ketika di Medan, kamu bisa menemuinya di Jln. Mojopahit No. 53 dengan harga yang murah.

Risol dan Kroket Gogo bertempat di ruko yang tidak begitu besar. Bagian depan terdapat beberapa wajan besar dan kompor yang digunakan untuk menggoreng risol dan kroket ini. Untuk bagian dalam ruko terdapat makanan ringan seperti snack, kue basah, dan lain sebagaianya. Yang sering dibawa pulang para pengunjung jelas risol dan kroket, namun sayang jajanan tersebut hanya memiliki 1 rasa saja. Risol dan Kroket termasuk sebagai oleh oleh khas Medan yang tahan lama, karena tidak dicampur dengan bahan kimia seperti pengawet atau pewarna makanan. Risol dan Kroket yang belum digoreng bisa awet hingga seminggu, tapi yang sudah digoreng paling lama 3 hari.

Baca Juga 3 Artikel Populer Kami :



Kacang Garing Sihobuk

Kacang Garing Sihobuk

Kacang Garing Sihobuk merupakan makanan khas Medan yang dioleh disangrai menggunakan pasir. Fungsi pasir dalam proses tersebut membuat kacang jadi garing dan matang merata. Sementara Sihobuk adalah nama suatu desa di daerah Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara. Warga Sihobuk memang sangat suka mengonsumsi kacang tanah yang dimasak dengan proses seperti tadi.

Setelah diolah hingga garing, kacang Sihobuk tadi langsung dijadikan satu dalam sebuah kaleng besar dan juga kemasan plastik untuk dijual. Satu harga kaleng besar kacang garing Sihobuk dijual hingga Rp 170.000, sementara untuk yang kemasan plastik hanya Rp 20.000. Jelas, kacang garing Sihobuk memanglah oleh oleh Medan yang telah menjadi favorit karena bisa kamu temukan dengan mudah. Penjual kacang garing sihobuk bisa kamu temui di pinggi jalan dijejerin dengan buah-buahan.

Bolu Meranti

Bolu Meranti

Siapa yang belum tahu makanan enak bernama Bolu Meranti ? Kue yang dibentuk seperti setengah bulatan ini memiliki tekstur lembut creamy dengan rasa legit merupakan salah satu oleh2 khas Medanyang recommended. Bolu Meranti memiliki beranekaragam varian rasa, dari nanas, mocca, blueberry, strawberry, hingga keju. Apabila kamu membeli bolu meranti untuk dijadikan oleh-oleh, jangan khawatir basi karena kue ini sanggup bertahan hingga 3 hari di lemari es. Selain bolu, juga ada jajanan lain seperti kue sus, brownies, dan lapis legit.

Awalnya, kue Bolu Meranti merupakan sebuah eksperimen coba-coba resep Nyonya Ai Ling. Kue ini pertama kali dijual dengan cara dititipkan di toko saudara Nyonya Ai Ling di Jalan Meranti. Namun siapa sangka, kue khas Medan tersebut laris manis dan sukses mencuri perhatian. Hingga akhirnya, Bolu Meranti memiliki toko sendiri dengan nama yang sama.

Saat ini, toko Bolu Meranti memiliki dua cabang yakni di Jalan Kruing 2K dan Jalan Sisingamangaraja No 19B. Kedua toko tersebut mulai buka pukul 9 pagi hingga 4 sore.

Pancake Durian

Pancake Durian

Inilah jajanan yang sangat cocok bagi kamu para pecinta durian, pancake durian. Beda dengan pancake kebanyakan yang berbentuk bulat ceper mirip surabi, pancake durian ini berbentuk mirip Bolu Meranti, yakni dadar gulung. Pancake durian terdiri dari adonan tepung yang diisi daging durian lezat.

Pancake durian memiliki banyak varian rasa, dari original, mocca, coklat hingga pandan. Dari seluruh varian tersebut, yang paling nikmat adalah original karena kamu bisa merasakan isi daging durian yang lumer dan lembut.

Tempat membeli pancake durian adalah di Jln. Sekip 67. Selain pancake, tempat tersebut juga menjual bolu dan dodol sebagai oleh-oleh dari Medan.

Durian Ucok

Durian Ucok

Oleh-Oleh Khas Medan

Kurang afdol rasanya jika membahas tentang durian namun tidak menyinggung durian ucok. Sebab, kamu para pecinta durian pasti akan ketagihan membeli durian di sini, karena kualitas duriannya memang lezat. Kedai Durian Ucok berada di Jln Wahid Hasyim. Saran kami jika hendak membeli durian ucok, siap-siap untuk anteri panjang, karena pembelinya tidak pernah sepi.

Para pembeli biasanya datang lalu menyantap durian di tempat. Banyak dari mereka yang membeli durian lebih dari satu untuk memuaskan lidah dan perut mereka. Namun, bagi yang sudah kenyang, biasanya mereka memboyong banyak durian untuk dibawa pulang. Durian Ucok juga menyediakan paket durian kemasan untuk dibawa pulang.

Sering kali orang bertanya, bagaimana jika durian ditahan di bandara karena mengeluarkan aroma yang sangat tajam ? Durian tersebut akan dikemas secara rapi di sebuah kotak rapat. Untuk menyamarkan aroma tajam durian, kemasan tersebut diberi daun pandan dan kopi.

Bika Ambon

Bika Ambon

Mengenai makanan ini, memang memiliki sedikit kejanggalan. Bagaimana tidak, diberi embel-embel Ambon ternyata makanan ini menjadi oleh-oleh khas kota Medan. Bika Ambon sendiri memiliki tekstur berserat yang jika dimakan rasanya sangat legit. Bika Ambon dibuat dari campuran bahan tepung tapioka, gula, santan, air nira, dan telur.

Di Medan, tempat paling populer yang menjual Bika Ambon adalah di Jln. Mojopahit 62 dan 96 DEF. Nama tokonya adalah Bika Ambon Zulaikha yang memberi banyak varian rasa bika ambon seperti rasa original, pandan, dan keju. Jajanan ini mampu bertahan hingga empat hari sebagai oleh-oleh.

Teri Medan

Teri Medan

Meski ukurannya kecil, namun teri Medan memiliki banyak penggemar, loh. Makanan ini berwarna putih dan biasa dimasakan dengan sambal kacang. Rasanya sangat lezat apabila digandengkan dengan nasi putih hangat.

Teri Medan bisa kamu beli mentah atau matang dalam kemasan berbagai ukuran dengan harga mencapai Rp. 70.000 – Rp. 80.000 per kg-nya. Apabil kamu berminat untuk menjadikan Teri medan ini sebagai oleh-oleh bisa langsung menuju ke Jln. Majapahit dan sekitarnya, karena terdapat banyak penual teri Medan mentah di sana.

Sirup Buah Markisa

Sirup Buah Markisa

Cuaca Medan yang panas sangat cocok jika dilebur dengan Sirup Buah Markisa. Rasanya yang manis segar serta nikmati membuat tubuh dingin di tengah panasnya kota Medan. Kamu tidak perlu khawatir apabila memiliki keingingan membawa sirup buah markisa sebagai oleh-oleh, karena sirup buah markisa nantinya akan dikemas dan tidak membahayakan jika dibawa dalam waktu yang cukup lama.

Sirup buah markisa adalah produk andalan Brastagi, tapi bisa kamu temui dengan mudah di Medan. Sirup ini dipercaya mengandung banyak viamin C dan antioksidan yang baik untuk tubuh kamu. Banyak toko di Medan yang menjual sirup enak ini.

Manisan Jambu

Manisan Jambu

Apakah kamu pernah mencoba manisan jambu ? Jambu biji yang sering kali kita temui dikonsumsi mentah ternyata bisa diubah menjadi lebih nikmati ketika dimasak berupa manisan. Rasanya yang manis serta segar membuat manisan jambu sangat cocok dikonsumsi siang hari.

Manisan ini dibuat dari bahan utama yakni jambu bangkok berukuran besar. Apabila dibawa pulang untuk oleh-oleh, sebaiknya kamu membeli manisan yang berbentuk bulat karena bisa bertahan hingga 3 hari.

Tempat yang sangat populer menjual manisan jambu adalah di Toko Aguan di Jln Kruing 3D. Tapi, selain di tempat tersebut manisan jambu juga bisa ditemui di pinggir jalan di Medan.

Manisan Jambu ini memiliki khasiat menaikkan trombosit, sehingga sangat baik untuk penderita DBD. Bagaimana, tertarik untuk menjadikan manisan jambu sebagai oleh-oleh khas Medan ?

Kopi Sidikalang

Kopi Sidikalang

Kamu pecinta kopi ? Atau memiliki kerabat yang doyan banget mengonsumsi kopi ? Bawakan saja kopi Sidikalang sebagai oleh-oleh ketika kamu melancong ke Medan. Kopi Sidikalang mengandung kafein yang kuat dan tinggi. Banyak para pecinta kopi yang menyebut kopi ini sebagai rajanya kopi dari Sumatera.

Sidikalang sendiri adalah daerah pegunungan yang memiliki ketinggian hingga 1472 mdpl. Tanah tersebut sangat cocok digunakan sebagai bertanam kopi dan sanggup menghasilkan biji kopi berkualitas baik.

Tapi jika kamu ingin mendapatkan kopi ini, tidak perlu jauh-jauh ke Medan, karena bisa ditemui dengan mudah di toko oleh-oleh di kota Medan. Kopi Sidikalang dijual dalam banyak bentuk, seperti bentuk biji, bubuk kemasan kecil dan besar.

Lemang

Lemang

Terakhir dari artikel ini adalah makanan bernama Lemang yang dibuat dari beras pulu dibakar dalam sepotong bambu. Lemang Medan sudah sangat populer sejak tahun 1970an dan telah banyak dijadikan oleh-oleh.

Tidak perlu susah-susah menemukan Lemang, karena banyak penjualnya yang bertempat di Jln Flamboyan, Jln. Gatot Subroto, dan Jln. Bromo, Medan. Harga per bambu Lemang ini mencapai Rp 20 – 25 ribu atau Rp 5 ribu per porsi. Makanan Lemang yang belum dibelah sanggup bertahan sampai 2 hari sementara yang telah dibuka bisa bertahan hanya sampai satu hari saja.

Demikianlah informasi yang bisa kami bagikan mengenai 12 Oleh Oleh Khas Medan Tahan Lama dan Harga Murah, semoga bermanfaat dan terimakasih.

Pencarian Resep Terbaru:

  • oleh oleh khas medan
  • oleh oleh khas medan yang tahan lama
  • makanan kering khas medan
  • oleh oleh medan
  • harga oleh oleh khas medan
  • oleh oleh khas medan selain makanan
  • oleh oleh dari medan
  • cemilan khas medan
  • oleh-oleh khas medan
  • oleh oleh khas medan terbaru
12 Oleh Oleh Khas Medan Tahan Lama dan Harga Murah | admin | 4.5
/* */