Resep Masakan Nusantara

4 Resep Kue Basah Mudah dan Rekommended

4 Resep Kue Basah Mudah dan Rekommended

4 Resep Kue Basah Mudah dan Rekommended – Resep kue basah memang senantiasa menghadirkan cita rasa yang enak dan menarik. Terlebih lagi berbagai kue basah tradisional yang masih digemari oleh banyak masyarakat karena rasanya yang sangat khas dan menggiurkan. Namun baik kue basah tradisional atau pun kue basah modern, rasanya sangat cocok untuk dinikmati sebagai camilan. Di Indonesia sendiri kue basah memang memiliki varian yang cukup banyak dan tentunya tiap varian memiliki daya tarik tersendiri. Teksturnya yang lembut dan cenderung empuk akan bersifat mengenyangkan. Mengingat kue basah sendiri sangat mudah ditemui di berbagai pasar tradisional dengan harga yang sangat terjangkau. Namun bukan tak mungkin Anda dapat membuatnya di rumah karena cara pembuatannya yang sangat mudah.

4 Resep Kue Basah Mudah dan Rekommended – Kue cubit merupakan contoh resep kue basah terbaru yang senantiasa memikat hati para penggemar jajanan tradisional. Sesuai namanya, cubit, kue ini harus melakukan cubit ketika proses pengangkatan pada pemasakannya. Secara sekilas, tekstur yang disuguhkan kue cubit nampak seperti kue pukis, namun keduanya memiliki bentuk yang berbeda. Cara pembuatannya pun cukup mudah.

Baca juga :

Resep membuat kue cubit

Resep membuat kue cubit

Bahan-bahan yang perlu disiapkan :

  • 4 butir telur ayam
  • 300 gram tepung terigu
  • 150 gram gula pasir
  • 50 gram margarin yang telah dilelehkan
  • 100 ml air
  • 1/4 vanili
  • 3/4 baking powder
  • 50 gram meisess untuk toping

Cara pembuatan :

  1. Campurkan telur dan gula ke dalam wadah dan kocok hingga mengental.
  2. Tambahkan tepung terigu sembari diayak ke dalam campuran telur dan gula
  3. Tuangkan air, vanili dan margarin. Aduk rata dan diamkan sekitar 10 menit.
  4. Panaskan cetakan kue cubit yang akan digunakan, kemudian olesilah cetakan tersebut dengan mentega.
  5. Tuangkan adonan pada cetakan.
  6. Jika adonan telah setengah matang, taburilah meisess di atasnya. Kemudian, tutup cetakan dan biarkan hingga matang. Jika teksturnya telah matang, angkat dan sajikan.

Selain kue cubit, bolu gulung nampaknya patut dicoba karena merupakan resep kue basah praktis. Bolu gulung sendiri identik dengan bentuk yang lonjong dan melingkar sederhana yang menggunakan oven untuk memasaknya. Isi dari roti gulung tersebut pun sangat bervariasi tergantung selera, namun biasanya memanfaatkan selai dengan berbagai rasa. Ketika diangkat dari oven, roti pun harus segera digulung. Kemudian jika kue sudah agak dingin, roti dapat kembali dibuka untuk mengolesi selai di dalamnya. Resep kue basah praktis ini memiliki cita rasa yang luar biasa lezatnya. Kendati demikian, cara pembuatannya terbilang sangat mudah, terlebih lagi dengan sedikit kreasi, rasa dari bolu gulung tersebut pun sangat menggiurkan dan dapat dipastikan akan membuat Anda ketagihan.

Jenis resep lain yang tak kalah menariknya ialah brownies kukus tepung beras. Dimana resep kue basah dari tepung beras rose brand ini sangat identik dengan rasa coklat yang manis dan lezat. Bahkan uniknya lagi, resep kali ini tidak memanfaatkan berbagai bahan pengembang atau pengemulsi, sehingga gizi dan kesehatannya sangat terjamin. Kendati demikian, rasanya sudah tidak perlu diragukan lagi dan tentunya sangat recommended untuk dicoba.

Resep membuat brownies kukus tepung beras

Resep membuat brownies kukus tepung beras

Bahan-bahan yang disiapkan :

  • 50 gram tepung beras rose brand
  • 60 gram dark cooking chocolate (DDC) yang telah dipotong kecil-kecil
  • 20 gram coklat bubuk
  • 100 gram gula pasir
  • 15 gram maizena
  • 3 butir telur
  • 100 ml minyak goreng

Cara pembuatan :

  1. Campurkan tepung beras, tepung maizena dan cokelat bubuk. Kemudian ayaklah.
  2. Siapkan loyang berdiamter 18 cm yang akan digunakan, kemudian olesilah dengan margarin atau minyak dan panaskanlah.
  3. Lelehkan DCC dengan cara ditim, kemudian matikanlah apinya. Masukkan minyak dan aduk hingga merata. Atau jika ingin dengan cara lain, panaskanlah minyak sebentar kemudian matikanlah api.
  4. Langkah selanjutnya ialah masukkan DCC dan aduklah hingga melarut.
  5. Tuangkan telur dan gula pasir ke dalam wadah dan aduklah dengan mikser berkecepatan tinggi hingga adonan kental dan mengembang. Jika telah mengembang, kecilkan mikser hingga berkecepatan 1.
  6. Masukkan tepung sedikit demi sedikit ke adonan kemudian aduklah hingga merata.
  7. Tuangkan DCC yang telah dilelehkan, kemudian aduklah hingga merata. Jika sudah merata, matikanlah mikser.
  8. Langkah selanjutnya ialah menuangkan adonan ke dalam loyang dan kukuslah sekitar 30 menit dengan apik sedang cenderung kecil. Hindari menggunakan api yang terlalu besar karena akan membuat tekstur brownies menjadi bergelombang.
  9. Setelah adonan matang, angkat dan dinginkan brownies. Kemudian potonglah kecil-kecil dan berikan topping jika ingin.

Berbeda dengan kue kering, kue basah memang tidak memiliki kemampuan untuk bertahan lama. Namun peminat dari kue basah sendiri terbilang cukup tinggi, sehingga tak heran jika banyak pedagang yang memulai bisnis untuk menjual berbagai jajanan kue basah. Resep kue basah dari tepung beras memang senantiasa menjadi pilihan. Selain tepung beras merupakan bahan yang sangat mudah ditemui, harganya pun cukup terjangkau namun mampu menghasilkan jajanan dengan cita rasanya yang melejit. Resep kue basah dari tepung beras biasanya identik dengan makanan yang lembuat, contohnya kue lapis, kue beras merah korea, pancake coklat dan lain sebagainya. Sebagai penunjangnya, diberikan pula penyedap dari bahan-bahan alami, diantaranya daun pandan dan daun suji.

Kue kukus juga merupakan salah satu jenis kue basah yang banyak diminati oleh kalangan masyarakat, baik anak kecil hingga orang dewasa sekali pun. Resep kue basah kukus memang sudah cukup banyak, dimana rasanya pun bervariasi, salah satunya ialah lapis singkong kukus. Sesuai namanya, bahan utama yang digunakan untuk makanan ini ialah singkong. Lantas apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan dan cara pembuatannya ? Simak ulasannya berikut ini.

Resep lapis singkong kukus

Resep lapis singkong kukus

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

  • 1 kg singkong yan telah diparut dan diperas airnya
  • 200 gram gula halus
  • 1 bungkus agar-agar swallow putih
  • 1/2 sdt vanili
  • 120 ml santan atau dapat digantikan dengan santan kara yang telah dicairkan dengan air matang
  • 1/2 hingga 1 sdt pasta berwarna
  • kelapa parut untuk topping

Alat :

  • Loyang atau cetakan
  • Plastik lembaran yang bersifat anti panas
  • plastik olive oil secukupnya

Cara pembuatan :

  1. Campurkan seluruh bahan kemudian aduklah hingga merata
  2. Bagilah adonan menjadi beberapa bagian untuk membaginya menjadi beberapa warna sesuai keinginan
  3. Panaskan kukusan
  4. Siapkan loyang dan olesi dengan olive oil dengan sangat tipis. Letakkan lembar plastik dan olesi permukaannya dengan olive oil.
  5. Tuangkan adonan pertama ke loyang kemudian ratakan dan kukuslah selama 15 menit. Langkah selanjutnya ialah memasukkan lapisan adonan kedua dan kukuslah kembali sekitar 15 hingga 20 menit
  6. Setelah matang, angkat dan dinginkan. Untuk menambah cita rasanya, taburilah kelapa parut yang telah dikukus dan dicampuri garam di atas adonan sebagai toppingnya.

Aneka resep kue basah yang identik dengan kue jajanan pasar rupanya tak hanya dijumpai di pasar-pasar tradisional. Pasalnya, aneka resep kue basah juga menjadi salah satu jenis makanan yang sering kali dihidangkan ketika momen-momen istimewa, contohnya resepsi pernikahan. Hal tersebut tidak lepas dari banyaknya kreasi kue basah yang membuatnya lebih modern dan menarik, terlebih bahan-bahan pembuatannya lebih berinovasi dan tidak ketinggalan zaman. Selain itu, sudah banyak pula ritual budaya yang menyajikan hidangan kue ini dengan tujuan melestarikan kekayaan kuliner yang dimiliki oleh Indonesia.

Hingga saat ini, resep kue basah tradisional memang masih terus dikembangkan. Resep kue basah yang bersifat tradisional khas Jawa biasanya memanfaatkan bahan-bahan alami yang tentunya ditawarkan dengan harga yang sangat murah, bahkan di sejumlah pedesaan, bahan-bahan alami untuk membuat kue basah tersebut dapat dijumpai tanpa harus mengeluarkan uang sepeser pun. Contoh kue basah tradisional yang masih diminati ialah kue klepon, kue putu ayu, kue onde-onde, kue serabi, kue wajik ketan dan lain sebagainya. Contohnya saja kue klepon, kue ini laksana bom yang akan mengeluarkan rasa sangat lezat ketika isinya meledak. Dimana kue klepon ini biasanya memiliki wanita hijau pandan dengan balutan kelapa muda. Namun bukan ini yang lebih menarik, isi dari kue klepon yang membuat banyak orang ketagihan, yakni gula jawa yang telah dilelehkan hingga lembut.

Selain berbagai resep kue basah di atas, resep kue sus basah juga patut untuk dicoba. Hampir sama dengan kue klepon, kue sus dengan isi vla dapat menciptakan rasa yang lezat tatkala kue digigit dan saus vlanya pecah memenuhi mulut. Dengan rasa yang menggiurkan, Anda wajib mencobanya di rumah sebagai sajian atau camilan di hari libur dengan disajikan bersama segelas teh hangat di pagi hari.

Resep kue sus basah

Resep kue sus basah

Bahan kulit sus :

  • 125 gram mentega atau margarin
  • 5 butir telur ayam
  • 150 gram tepung terigu
  • 1/4 sdt baking powder
  • 1/2 sdm garam halus
  • 2560 ml air

Bahan vla :

  • 2 butir kuning telur ayam
  • 4 sdm tepung maizena
  • 2 sdm tepung terigu
  • 1 sdm mentega atau margarin
  • 60 gram gula pasir
  • 250 ml susu cair
  • 1/2 sdt garam halus
  • 2 sdt rum
  • 1/2 sdt vanili bubuk

Cara membuat vla :

  1. Rebus susu dengan tepung maizena, terigu, gula dan garam sembari diaduk hingga merata dan mengental. Kemudian angkatlah.
  2. Tambahkan vanili, mentega, kuning telur dan rum, kemudian aduk dan sisihkan.
  3. Vla kue sus pun siap untuk diisikan pada adonan.

Cara membuat kue sus :

  1. Rebus air dengan garam dan mentega hingga mendidih, kemudian tambahkan tepung dan aduklah hingga merata. Jika telah masak, angkatlah.
  2. Adonan yang telah diangkat dapat ditambahkan dengan telur dan baking powder, kemudian aduklah hingga merata.
  3. Masukkan adonan ke kantong plastik berwarna putih yang berbentuk segitiga, kemudian beri lubang di ujungnya.
  4. Siapkan cetakan dan olesi dengan mentega. Semprotkan adonan yang berada dalam plastik ke cetakan kue tersebut dengan bentuk yang diinginkan.
  5. Panggang adonan dalam oven hingga mengembang dan matang. Angkat dan keluarkan.
  6. Ambil satu persatu kue sus dan irislah tengahnya. Isikan vla di dalamnya dan rapatkan kembali.

Hingga di era modern ini, aneka resep kue basah tradisional masih memiliki keistimewaan tersendiri bagi para pecinta kuliner. Terlebih lagi cara penyajiannya yang bervariasi, baik dari cara yang tradisional maupun cara yang modern. Aneka resep kue basah tradisional lainnya yang tak lezatnya ialah kue talam, kue nagasari hijau, kue onde-onde isi kacang hijau dan lain sebagainya.

4 Resep Kue Basah Mudah dan Rekommended | admin | 4.5
/* */